Konsentrasi merupakan salah satu kunci keberhasilan dalam proses pembelajaran, karena dengan konsentrasi siswa dapat memahami dan menyerap mata pelajaran. Konsentrasi merupakan salah satu indikator keberhasilan dalam proses belajar mengajar (Asmono, 2013:27), dimana indikator tersebut dilihat dari prestasi belajar. Menurut Slameto (2010:86), konsentrasi adalah pemusatan pikiran terhadap suatu hal dengan menyampingkan semua hal lainnya yang tidak berhubungan. Sedangkan prestasi belajar, menurut Nawawi (1981:100) adalah tingkat keberhasilan siswa dalam mempelajari materi pelajaran disekolah yang dinyatakan dengan bentuk skor yang diperoleh dari hasil tes mengenai sejumlah materi pelajaran tertentu.
Penelitian bersifat kuantitatif dengan bertujuan untuk melihat korelasi antara konsentrasi dengan prestasi belajar. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa dengan jumlah 60 orang dengan sampel penelitian sebesar 30 orang. Metode pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah tekhnik sensus. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara konsentrasi belajar dengan prestasi belajar mahasiswa psikologi kelas sore r = 0,611 dan p = 0,000 (p < 0,05) artinya jika nilai variabel (x) konsentrasi belajar tinggi maka nilai variabel (y) prestasi belajar akan menjadi tinggi. Begitu pula sebaliknya jika nilai variabel (x) konsentrasi belajar rendah maka nilai variabel (y) prestasi belajar akan menjadi rendah juga. Koefesien tersebut menunjukkan bahwa kedua variabel memiliki hubungan yang positif.
kata kunci :
Konsentrasi belajar, prestasi belajar, sensus